Saturday, May 6, 2017

Iklim Organisasi

Secara tradisional, iklim organisasi dipandang sebagai salah satu variabel kunci yang mempengaruhi komunikasi dan produktivitas serta kepuasan pegawai. Menurut Poole & McPhee, iklim organisasi adalah penjelasan umum tentang organisasi yang membentuk harapan dan perasaan anggotanya dan juga kinerja organisasi. Anggota organisasi membuat iklim organisasi ketika mereka menjalani kegiatan sehari-hari. Setiap organisasi memiliki beragam iklim untuk kelompok yang berbeda.

Pace & Faules (2006) mengulas bahwa iklim komunikasi adalah gabungan dari persepsi mengenai peristiwa komunikasi, perilaku manusia, respons pegawai terhadap pegawai lainnya, harapan-harapan, konflik-konflik antar persona dan kesempatan bagi pertumbuhan dalam organisasi tersebut. Iklim komunikasi berbeda dengan iklim organisasi dalam arti iklim komunikasi meliputi persepsi mengenai pesan dan peristiwa yang berhubungan dengan pesan yang terjadi dalam organisasi.  

Iklim komunikasi organisasi terdiri dari persepsi atas unsur organisasi dan pengaruh unsur tersebut terhadap komunikasi. Pengaruh ini didefinisikam, disepakati, dikembangkan, di kokohkan, secara berkesinambungan melalui interaksi dengan anggota organisasi lainnya. Pengaruh ini menghasilkan pedoman bagi keputusan keputusan dan tindakan tindakan individu, dan mempengaruhi pesan pesan mengenai organisasi. iklim komunikasi berkembang dalam konteks organisasi. Unsur dasar yang membentuk organisasi dapat diringkaskan menjadi lima ketagori besar yakni; anggota organisasi, pekerjaan dalam organisasi, praktik praktik pengelolaan, struktur organisasi, dan pedoman organisasi (Pace & Faules 2006). 

Referensi:
Pace dan Faules. 2006. Komunikasi Organisasi Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung (ID). Remaja Rosdakarya. 
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Featured Post

Teori Difusi Inovasi

Difusi inovasi adalah teori yang menjelaskan bagaimana suatu perubahan sosial terjadi dalam masyarakat. (Rogers 1983) menceritakan bahwa ri...